Anda Harus Tahu: Makanan Penyebab Jerawat

Diposkan oleh Banyu Biroe

Makanan Penyebab Jerawat - Jerawat yang muncul di kulit Anda bukan hanya bisa disebabkan oleh kondisi hormonal dan kulit kotor saja, melainkan bisa dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan tertentu dapat memicu timbulnya jerawat bahkan bisa juga memperparah jerawat yang telah ada. Berikut ini ulasan mengenai makanan-makanan penyebab jerawat:

Makanan penyebab jerawat

Makanan penyebab jerawat :
  1. Lemak. Makanan yang mengandung banyak lemak berpotensi besar timbulnya jerawat. Lemak yang tertimbun di dalam tubuh akan berpengaruh terhadap kadar gula darah. Fluktuasi gula di dalam darah akan memicu reaksi hormonal cascading dan meningkatkan produksi minyak di kulit (sebum) dan menutup pori-pori. Sebagaimana diketahui bahwa penyumbatan pada pori-pori kulit merupakan faktor utama penyebab jerawat. Efek lain dari timbunan lemak dalam tubuh yaitu distribusi makanan dan oksigen melalui darah menjadi terhambat.
  2. Produk Susu. Jenis makanan yang mengandung susu, seperti susu kaleng, keju, yoghurt, es krim dan cokelat, sebaiknya dihindari sebagai upaya untuk meminimalisir potensi jerawat di kulit karena sebagian besar dari produk-produk tersebut mengandung banyak lemak. Susu untuk produk olahan biasanya didapatkan dari sapi hamil. Tentu saja susu yang dihasilkan mengandung lebih banyak hormon. Sedangkan kulit Anda mengandung enzim yang berfungsi mengubah hormon tersebut menjadi Dihydrotestosteron (DHT). DHT dapat memicu meningkatkan produksi sebum di kulit, hal ini tentu saja berperan besar sebagai faktor penyebab munculnya jerawat.
  3. Gula. Terutama gula pasir, akan dengan cepat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan kadar lemak sehingga meningkatkan potensi jerawat.
  4. Kafein. Kafein terdapat pada kopi, soda, teh, cokelat, minuman peningkat stamina, dan obat pereda rasa sakit. Kafein di dalam tubuh akan memicu untuk meningkatkan kelenjar adrenalin untuk melepas hormon stres. Stres menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit. Dampak lain dari kafein yaitu dapat mengganggu tidur Anda. Tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pemulihan dan pembuangan racun.
Makanan untuk menghilangkan jerawat :
  1. Teh Hijau. Selain mengandung kafein, teh hijau dengan kadar tertentu juga bisa dijadikan sebagai obat jerawat. Kandungan zat anti-inflamasi yang disebut katekin dapat membantu mengurangi efek radikal bebas pada tubuh seperti asap rokok, polusi,AC dan sinar matahari.
  2. Dark Chocolate. Selain mengandung kafein, Dark Chocolate juga mengandung zat anti-oksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Dengan komposisi yang tepat Dark Chocolate dapat dijadikan makanan ringan dalam terapi penyembuhan jerawat.
  3. Minyak Zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak esensial yang berguna untuk kulit. Kombinasikan minyak zaitun dan sayuran sebagai makanan sehat yang Anda konsumsi.
  4. Mentimun. Sayuran berkadar air tinggi ini dipercaya berguna untuk membuang racun yang menyumbat pori-pori.
Makanan untuk menghilangkan jerawat

Demikian pembahasan mengenai makanan penyebab jerawat dan juga makanan untuk menghilangkan jerawat.


{ 0 komentar... Tambahkan Komentar }

Post a Comment